Minuman Khas Melayu Siak "Laksamana Mengamuk"

3 komentar
Laksamana Mengamuk merupakan minuman segar yang menghadirkan bahan utama buah kuini.
Nama minuman ini berawal dari legenda kuno masyarakat Riau.


1. "Legenda" kisah di balik minuman laksaman mengamuk

minuman ini berawal dari legenda kuno masyarakat Riau. Alkisah, pada suatu hari, seorang laksamana mengamuk di kebun kuini. Dia marah, karena istrinya dibawa lari oleh tuan tanah, pemilik kebun kuini tersebut.

Saking kesalnya, Sang laksamana menebas-nebaskan pedang yang dibawanya ke segala penjuru kebun. Puluhan buah kuini jatuh berserakan di tanah dan hancur terkena amukan pedang sang laksamana.

Setelah laksamana puas melampiaskan kemarahannya dan pulang, masyarakat yang sebelumnya hanya berani menonton, kemudian mendekat ke kebun kuini. Masyarakat memunguti buah-buah kuini yang berserakan di tanah.

Masyarakat bingung, mau mereka apakan buah kuini yang telah terkoyak-koyak pedang laksamana itu. Hingga akhirnya seorang ibu-ibu mendapat ide. Ibu tersebut mengumpulkan buah-buah kuini tersebut dan memasukkannya ke dalam kuah santan dan gula merah.

Lalu, ibu itu kemudian membagi-bagikan minuman tadi ke masyarakat desa. Ternyata, masyarakat menyukai minuman tersebut. Dari situlah nama nama Laksamana Mengamuk muncul.

Minuman Khas Melayu Laksaman Mengamuk



2. Resep Minuman Laksamana Mengamuk 

A. Bahan-bahan Es Laksamana:
  • 600 gram es batu serut
  • 300 gram mangga kuini matang, potong kotak
Bahan Membuat Sirup Es Laksamana:
  • 300 gram gula pasir putih
  • 2 lembar daun pandan, ikat menyimpul
  • ¼ sendok teh garam dapur halus
  • 250 ml air putih
Bahan Membuat Kuah Es Laksamana:
  • 3 lembar daun pandan, ikat menyimpul
  • 600 ml santan kental
  • ¼ sendok teh garam dapur halus
B. Cara Membuat Minuman Laksamana Mengamuk
  1. Pertama silahkan anda persiapkan bahan untuk membuat sirupnya, dengan merebus air putih dulu dengan rebusan gula pasir didalamnya, kemudian tambahkan daun pandan yang sudah ditali, dan tambahan sedikit garam, aduk hingga gula benar-benar sudah melebur dengan air, dan harum. Angkat dan sisihkan
  2. Selanjutnya bahan untuk kuahnya, silahkan mulai dengan merebus santan kental,tunggu hingga mendidih, tambahakn garam dan daun pandan agar menambah gurih dan wangi aroma kuah, aduk lagi sampai mendidih, angkat bila sudah matang
  3. Simpan dalam gelas atau wadah yang telah disiapkan potongan mangga kuini, dan tambahan es batu untuk menambah kesegaran.
  4. Siram bagian atas dari bahan-bahan yang sudah dimasukan kedalam gelas sirupdan kuah es laksamana mengamuk
  5. Silahkan sajikan es laksamna mengamuk untuk hari yang lebih istimewa.



3 komentar :