Bupati Siak Dorong Permainan Gasing Jadi Iven Pariwisata yang Mendunia

Tidak ada komentar
Bupati Siak H Syamsuar melepas gasing tanda dibukanya turnamen ini di lapangan bila Kualian, Siak.
SIAK SRI INDRAPURA, - Bupati Siak H Syamsuar mendukung kegiatan olahraga turnamen gasing dan layang-layang yang ditaja Masyarakat Peduli Kabupaten Siak (MPKS) di lapangan sepakbola Kualian, Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak. Permainan anak Melayu ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Siak. Karena gasing merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat Melayu di Provinsi Riau.

"Waktu acara di Taman Mini Jakarta beberapa waktu lalu, banyak anak-anak begitu tertarik dengan gasing yang dimainkan anak-anak Siak. Bahkan, Kementerian Pariwasata mendorong kita untuk ikut serta festival seni di Bali untuk menampilkan permainan gasing. Saya sangat mendukung kegiatan ini dan berharap permainan gasing bisa dikenal dunia," kata Syamsuar saat membuka turnamen gasing dan layang-layang, Kamis (11/5/2017). 

Dia berharap agar turnamen gasing dan permainan masyarakat melayu lainnya bisa dilaksanakan setiap tahun. Sehingga, bisa dijadikan sebagai agenda tahunan pariwisata di Kabupaten Siak. "Kalau bisa setiap tahun dilaksanakan dan dipromosikan melalui Dinas Pariwisata agar wisatawan bisa melihat langsung permainan gasing ini saat datang ke Siak," ujar Syamsuar.

 Ketua MPKS Wan Hamzah sangat mendukung keinginan Bupati agar turnamen gasing dilaksanakan setiap tahun. Dia berharap, Pemkab Siak dapat membangunan lapangan permainan gasing yang permanen, sehingga turnamen ini bisa dilaksanakan setiap tahun. 

"Terima kasih atas dukungan Pak Bupati, tentu ini menjadi motivasi bagi kita agar turnamen gasing bisa dilaksanakan setiap tahun," ujarnya kepada GoRiau.com. 

Untuk tahun ini, lanjutnya, panitia menyiapkan total hadiah Rp50 juta bagi para pemenang permainan gasing dan layang-layang. Dimana, peserta berasal dari sejumlah kabupaten/kota di Riau, seperti Bengkalis, Selatpanjang, Dumai, Pelalawan dan Pekanbaru.

"Ada 38 tim yang ikut untuk gasing bulat, dimana satu tim berjumlah 7 orang. Kemudian untuk lomba gasing piring atau kreasi diikuti 18 tim. Turnamen ini berlangsung dari 11-18 Mei 2017," pungkasnya. 

Tampak hadir saat pembukaan turnamen, Kajari Siak Zondri, Ketua Komisi I DPRD Siak Sujarwo, Sekcam Siak, Ketua KNPI Siak Ulil Amri dan ratusan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

sumber: https://www.goriau.com/berita/siak/bupati-siak-dorong-permainan-gasing-jadi-iven-pariwisata-yang-mendunia.html





Tidak ada komentar :

Posting Komentar